Percobaan 3 Menampilkan input keypad pada LCD
[KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA]
1. Komponen [Kembali]
2. Rangkaian Simulasi [Kembali]
3. Flowchart [Kembali]
4. Listing Program [Kembali]
#include <LiquidCrystal.h>
#include <liquidcrystal.h>
#include <keypad.h>
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 3;
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3'},
{'4', '5', '6'},
{'7', '8', '9'},
{'*', '0', '#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7};
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11};
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() {
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1, 2);
lcd.setCursor(4, 3);
lcd.setCursor(0, 0);
}
void loop() {
char key = keypad.getKey();
if (key) {
lcd.print(key);
}
}
6. Kondisi [Kembali]
1. Kenapa pada percobaan 3,kaki lcd hanya digunakan kaki D4-D7 dan jelaskan alasannya
Jawab:
Karena padam percobaan ini kita hanya menggunakan lcd 4 bit sehingga hanya membubuthkan kaki D4-D7 pada arduino
2. Apa fungsi kaki RS, RW dan E pada LCD?
Jawab:
-Kaki RS fungsinya sebagai selector register dengan memberikan logika low (0) sebagai perintah dan logika high (1) sebagai register data.
-Kaki RW fungsinya adalah untuk menentukan mode baca atau mode tulis dari data yang terdapat pada DB0-DB7, dengan memberikan logika low (0) untuk fungsi write dan logika high (1) untuk mode read. Biasanya perintah ini akan disamakan dengan perintah dari kaki rs.
-Kaki E fungsinya sebagai enable clock lcd, dengan logika 1 setiap kali pengiriman atau pembacaan data.
3. Pada listing program terdapat syntax lcd.setCursor(1,2) apa maksudnya?
Jawab:
syntax lcd.setCursor(1,2) artinya tata letak yang digunakan pada lcd adalah pada kolom 1 dan baris 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar