Teknik Interface (Perangkat Lunak)
Gambar 38 Program Int 21h Service 01h
1. Tujuan [kembali]
A. Mengerti bahasa program sederhana.2. Simulasi [kembali]
START: JMP MULAI (Program dimulai langsung di arahkan ke bagian MULAI)
Tanya db 'Jawablah Pertanyaan dibawah Ini !',13,10 (dibuat sebuah pertanyaan atau pernyataan)
db 'Apakah anda Seorang Mahasiswa ?(Y/T)',13,10 (dibuat sebuah pertanyaan atau pernyataan)
db 'Jawaban Anda : $' (dibuat pertanyaan atau pernyataan)
Jawab1 db 13,10,'Anda Adalah Seorang Mahasiswa ',13,10,'$' (membuat hasil dari inputan kemungkinan pertama)
Jawab2 db 13,10,'Anda Adalah Seorang MAhasiswi ',13,10,'$' (membuat hasil dari inputan kemungkinan kedua)
4. Contoh Soal [kembali]
Soal 1
Bagaimana
output jika program interface baris 8 di atas diganti menjadi MOV AH,02H?
a. Program
tidak dapat berjalan
b. output
blank/kosong
c. output
berupa sebuah karakter
d. output
tidak berubah
Jawab: c.
output berupa sebuah karakter
Pembahasan:
MOV AH,09
Operand A
dari perintah di atas adlah register AH
Operand B
dari perintah di atas adalah bilangan 09
Perintah
mov pada baris 8 adalah memasukkan 09 ke register AH.
Program
diatas adalah apalikasi Int 21H yang merupakan salah satu dari DOS interrupt.
Int 21H memiliki banyak tugas, maka tugasnya dibagi-bagi menjadi beberapa
bagian. Untuk memanggil bagian-bagian itu, perlu disertakan nomor bagiannya
yang disebut Service Number.
Program ini
menggunakan Int 21 Service 09 yang berfungsi untuk mencetak sebuah string. Maka
untuk membuat sebuah kalimat yang panjang kita bisa menggunakan Service 09H
pada register AH. Service 02H berfungsi
untuk mencetak sebuah karakter pada layar. Jadi jika Service 09H diganti
menjadi 02H maka kalimat yang dibuat akan berubah menjadi sebuah karakter.
Soal 2
Apa perintah lompat yang digunakan untuk lompat jika operand1 tidak sama dengan operand2?
a. JE
b. JNE
c. JMP
d. JA
Jawaban: b. JNE
JMP digunakan untuk melompat ke perintah yang ditentukan oleh register JMP
Perintah Lompat | Kondisi |
JA ( Jump If Above ) | Lompat, jika operand1 > operand 2 untuk bilangan tidak bertanda |
JG ( Jump If Greater ) | Lompat, jika operand1 > operand2 untuk bilangan bertanda |
JE ( Jump If Equal ) | Lompat, jika operand1 = operand2 |
JNE ( Jump If Not Equal ) | Lompat, jika operand1 tidak sama Dengan operand2 |
JB ( Jump If Below ) | Lompat, jika operand1 < operand2 untuk bilangan tidak bertanda |
JL ( Jump If Less ) | Lompat, jika operand2 < Operand2 untuk Bilangan bertanda. |
JBE ( Jump If Below or Equal ) | Lompat, jika operand1 <= operand2 untuk bilangan tidak bertanda. |
JLE ( Jump If Less or Equal ) | Lompat, jika operand1 <= operand2 untuk bilangan bertanda. |
JAE ( Jump If Above or Equal ) | Lompat, jika operand1 >= operand2 untuk bilangan tidak bertanda. |
JGE ( Jump If Greater or Equal ) | Lompat, jika operand1 >= operand2 Untuk bilangan bertanda. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar